Laporan Survey Kepuasan Pengguna RISBANGSI Januari 2019

Sorry, this entry is only available in Indonesian. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

Sorry, this entry is only available in Indonesian. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

RISBANGSI sebagai unit yang diberikan tanggung jawab dalam masalah pengembangan aplikasi di lingkungan Telkom University, perlu membuktikan kehandalannya. Pengukuran kehandalan Unit RISBANGSI diukur melalui survey kepuasan pelanggan RISBANGSI.

Survey dilakukan pada bulan Januari 2019.

1. Tujuan

Tujuan dari adanya Dokumen Laporan Survey Kepuasan Pengguna bertujuan untuk
mengetahui tingkat kepuasan pengguna terhadap kualitas layanan pengembangan sistem
informasi pada Unit Riset dan Pengembangan Sistem Informasi. Salah satu diantaranya
adalah mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang persepsi dari pengguna
termasuk rencana pengelolaan hubungan dengan unit/bagian terkait dengan Direktorat
Sistem Informasi untuk mencapai tujuan dalam memberikan layanan yang berkualitas.

2. Metode Survey

Dalam menyusun Dokumen Laporan Survey Kepuasan Pengguna dilakukan dengan
metode pengisiankuisioner kepuasan pengguna kepada pengguna dari aplikasi yang telah
selesai dalam tahap pengembangan. Survey yang sudah selesai disimpan dan diolah untuk
dianalisis hasilnya. Pengguna diminta untuk menilai tingkat kepuasan mereka pada skala
sebagai berikut :
1 = Sangat Tidak Puas
2 = Tidak Puas
3 = Puas
4 = Sangat Puas
Pada skala ini skor 2.5 merupakan median (nilai tengah) dimana pengguna menilai puas
juga tidak puas. Berarti bahwa apabila skor dibawah 2.5 berarti ada ketidakpuasan, diatas
skor 2.5 berarti terdapat kepuasan terhadap layanan yang telah diberikan.

3. Tingkat Respon Survey

Dari survey yang telah disebar sebanyak 9 pengguna perwakilan dari unit-unit yang
menjadi pengguna layanan untuk menanggapi survey, tingkat respon mewakili 90 % dari
jumlah populasi. Ada kemungkinan bahwa beberapa pengguna tidak mengikuti survey ini,
sehingga akan memiliki rendahnya jumlah tanggapan. Harus menjadi perhatian untuk
tidak membiarkan hal ini, karena dapat membelokkan hasil dan menyajikan gambaran
yang tidak adil dari kepuasan pengguna.

4. Hasil Survey

Berikut adalah hasil survey berdasarkan kuisioner kepuasan pengguna :

  • Jumlah Sampel
    Sampel diambil dari populasi user/pengguna dari unit-unit yang ada di lingkungan
    Universitas Telkom, dimana jumlah sampel tersebut menggunakan pengisian kuisioner
    secara manual. Jumlah user yang mengisi survey sebanyak 8 tersebar mewakili unit-unit
    yang melakukan permintaan pengembangan sistem informasi.
  • Pernyataan Angket
    Angket survey kepuasan pengguna terdiri dari daftar pernyataan beserta tingkat nilai
    kepuasan. Teknik analisis data dapat menggunakan metode kualitatif maupun metode
    kuantitatif.
  • Hasil Temuan
    Hasil temuan diperoleh dari hasil survey pengguna dan analisis data. Hasil temuan dapat
    dimasukkan untuk dijadikan acuan pada rekomendasi untuk perbaikan layanan.
  • Nilai Hasil Survey Kepuasan Pengguna
    Perhitungan total nilai didapat dari :
    1. SUM (Nilai x Responden) = (x)
    2. (x) / Jumlah Responden = (y)
    3. ((y) / Variasai Nilai (4)) * 100 = Nilai Survey %
Laporan Survey Kepuasan Pengguna RISBANGSI Januari 2019

Laporan Survey Kepuasan Pengguna RISBANGSI Januari 2019

 

Berdasarkan hasil analisis data di dapatkan rata- rata kepuasan unit dalam layanan
pengembangan sistem informasi ada di angka 3. Hal ini dipengaruhi bebrapa faktor diantaranya
adalah jumlah responden survey yang lebih sedikit dari jumlah pada survey sebelumnya.
Standar kepuasan di atas 2.5 , sehingga dapat dikatakan tingkat kepuasan user terhadap layanan
pengembangan sistem informasi Direktorat Sistem Informasi cukup tinggi.

5. Rekomendasi Untuk Perbaikan Layanan

Rekomendasi untuk perbaikan layanan adalah melakukan evaluasi kembali terhadap
pengembangan sistem informasi dengan melihat timeline pengerjaan pengembangan
sistem. Selain itu juga tetap menjaga kualitas layanan dalam pengembangan aplikasi.

 

Download Laporan Survey Kepuasan Pengguna RISBANGSI Januari 2019

Laporan Survey Kepuasan Pengguna Januari 2019