Subscribe

Prosedur Pengujian dan Serah Terima Aplikasi

Proses Bisnis Pengujian dan Serah Terima Aplikasi, proses bisnis tersebut dicantumkan secara resmi dalam dokumen Prosedur Pengujian dan Serah Terima Aplikasi Unit RISBANGSI Direktorat SISFO. Bisa ditelusuri dalam iGracias modul Dokumen Manajamen Sistem dengan nomor Tel_U-NA-WR1-DSI-RPSI-PR-002 Tanggal berlaku 27 Juni 2016 dan telah disahkan oleh Wakil Rektor I Bapak Dr. Ir. Heroe Wijanto.

Pihak-pihak yang terkait dalam proses bisnis pengembangan sistem informasi yaitu:

Pihak internal Telkom University

  1. Unit kerja melalui kepala bagian/manajer/direktur didalam Telkom University sebagai para pemilik proses bisnis masing-masing layanan, proses bisnis masing-masing layanan tersebut akan dimasukkan dalam proses bisnis aplikasi. Para kepada unit kerja tersebut dan dibantu para wakil dan serta jajarannya akan melakukan tes uji coba terhadap keseluruhan aplikasi yang telah dibuat RISBANGSI
  2. Kepala bagian RISBANGSI disertai Kepala Urusan pemegang aplikasi bersangkutan dan bersama tim pengembang, akan melakukan asistensi selama masa uji coba, dan akan memperbaiki segala bug yang timbul.
  3. Apabila unit kerja merasa aplikasi yang dibuat tidak sesuai dengan permintaan, maka RISBANGSI akan melakukan pengembangan ulang sampai aplikasi diterima oleh unit kerja.
  4. Tim technical Writer akan membuatkan dokumen teknis mengenai pengembangan aplikasi dari mulai SKPL (spesifikasi kebutuhan perangkat lunak), Dokumen teknis, User manual (buku panduang pengguna), dan UAT (user acceptance test/dokumen berita acara serah terima).

Secara garis besar RISBANGSI akan membuat aplikasi yang sangat sesuai dengan keinginan pengguna (para pemilik bisnis proses/unit kerja), dan dokumen dibuat secara menyeluruh mengenai pembuatan aplikasi hingga serah terima. Sehingga setiap pengembangan aplikasi di RISBANGSI diharapkan akan dipakai dengan baik oleh unit kerja, dan sejarah pengembangan yang terdokumentasi dengan baik akan memastikan kelangsungan pengembangan aplikasi di masa yang akan datang.

Didalam dokumen Prosedur Pengujian dan Serah Terima Aplikasi terdapat informasi mengenai;

 

I. KEGUNAAN

Kegunaan dari prosedur ini adalah untuk memastikan proses pengujian hingga serah terima aplikasi sistem informasi dapat berjalan dengan baik, meliputi aplikasi sistem informasi akademik, aplikasi sistem informasi non-akademik maupun aplikasi pendukung.

 

II. RUANG LINGKUP

Prosedur ini berlaku untuk semua proses pengujian hingga serah terima aplikasi sistem informasi yang ada di Universitas Telkom yang dikembangkan dan dilakukan oleh Direktorat SISFO dengan melibatkan pemohon, Manajer RISBANGSI, Manajer LOPSI, Asisten Manajer RISBANGSI Akademik dan Non Akademik dan Staf RISBANGSI Akademik dan Non Akademik serta Asisten Manajer LOPSI Akademik dan Non Akademik.

 

III. PENGECUALIAN

Direktorat SISFO tidak melakukan pengujian dan serah terima terhadap aplikasi yang dikembangkan di luar Direktorat SISFO, atau oleh pihak selain Direktorat SISFO.

 

IV. DEFINISI

  • Direktorat SISFO adalah Direktorat Sistem Informasi, Universitas Telkom.
  • Unit RISBANGSI adalah Unit Riset dan Pengembangan Sistem Informasi, yang berada di bawah Direktorat SISFO, Universitas Telkom.
  • Unit LOPSI adaIah Unit Layanan Operasional Sistem Informasi, yang berada di bawah Direktorat SISFO, Universitas Telkom.
  • Pemohon adalah pihak yang melakukan permohonan pengembangan aplikasi dengan jabatan Rektor, Wakil Rektor dan Direktur/Kepala Bidang.
  • Dokumen User Acceptance Test (UAT) adalah dokumen yang berisi skema pengujian aplikasi sistem informasi yang dibangun apakah telah sesuai dengan kebutuhan pengguna dan berjalan sebagamaina mestinya.
  • Dokumen Umpan Balik adalah berkas yang berisi tanggapan terhadap hasil pengembangan aplikasi sistem informasi sebagai masukan untuk pengembangan aplikasi sistem informasi selanjutnya.
  • Berita Acara Serah Terima (BAST) Internal adalah dokumen yang berisi berita acara serah terima aplikasi sistem informasi dari unit RISBANGSI ke unit L
  • Berita Acara Serah Terima (BAST) Eksternal adalah dokumen yang berisi berita acara serah terima aplikasi sistem informasi dari unit RISBANGSI ke Unit / Bagian Terkait.
  • Dokumen Teknis adalah dokumen yang berisi seluruh penjelasan teknis pengembangan aplikasi.
  • Dokumen User Manual adalah dokumen yang berisi panduan lengkap penggunaan aplikasi bagi pengguna.

 

V. REFERENSI

  • ISO 9001:2008 Klausul 6.3 dan Klausul 7.5.5
  • ISO 20000-1:2011 Klausul 4.4.1, Klausul 4.4.3, Klausul 4.4.4, dan Klausul 4.4.5

 

VI. DESKRIPSI PROSES

Proses Bisnis Pengujian dan Serah Terima Aplikasi

 

VII. UKURAN KINERJA

Proses

Indikator Kinerja

Media Pengukuran

Frekuensi Pengukuran

Pengujian dan Serah Terima Aplikasi Semua proses pengujian dan serah terima aplikasi dapat berjalan dengan baik Berita Acara Serah Terima (BAST) Aplikasi Setiap Siklus Pengembangan Sistem Informasi Selesai

 

VIII. REKAMAN

  • Dokumen User Acceptance Test (UAT)
  • Notulen
  • Daftar Hadir
  • Berkas Umpan Balik
  • Berita Acara Serah Terima (BAST) Internal
  • Berita Acara Serah Terima (BAST) Eksternal
  • Dokumen teknis
  • Dokumen User Manual

IX. DOKUMEN TERKAIT

Tidak ada.

 

X. LAMPIRAN

Riwayat Perubahan Dokumen

No. Rev. Tanggal Revisi Uraian Perubahan
00 02 Juni 2014 Terbitan Pertama
01 04 Mei 2015 –          Penambahan definisi

–          Perubahan deskripsi proses

02 11 Februari 2016 –          Perubahan frekuensi pengukuran Pengujian dan Serah Terima Aplikasi

–          Perubahan Penamaan Unit OPSI menjadi Unit LOPSI

03 27 Juni 2016 –          Penambahan definisi

–          Perubahan deskripsi proses

                                                                                                              

 

Page 1 of 11

Langgaran Berita seputar R&D melalui Email

Masukan alamat email anda untuk mendapatkan berita seputar R&D melalui email yang kami kirimkan.

Bergabung dengan 1 pelanggan lain

April 2017
S S R K J S M
« Mar    
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

Lokasi Kami

%d blogger menyukai ini: