Subscribe
Direktorat Sistem Informasi (SISFO) Telkom University

Katalog Layanan

PENDAHULUAN

Tahun  2016  ini  dibuka  oleh Telkom  University  dengan  suatu  komitmen  untuk memberikan “Service Excellent”dalam rangka perwujudan  Telkom University sebagai “World  class  university  in  2017  to  support  the  national  competitiveness”,  Telkom University  sedang  bertransformasi  menjadi  penyedia  layanan  IT  yang  profesional dengan mengimplementasikan standar internasional ISO 20000-1:2011. Salah satu hal utama  yang  harus  diterapkan  menurut  standar  ISO  20000-1:2011  adalah  dengan menerbitkan Service Catalogueatau juga dikenal dengan “Katalog Layanan”.  Katalog layanan  ini  merupakan  deskripsi  layanan-layanan  yang  disediakan  oleh  Telkom University  beserta target-target kinerjanya. Untuk tahap pertama (revisi 01), cakupan layanan  yang  dimasukkan  ke  dalam  katalog  hanya  layanan-layanan  yang  disediakan kepada pengguna IT di Telkom University.

Tujuan dari disusunnya Katalog Layanan ini tidak lain adalah agar kualitas dan detail layanan IT dapat terdefinisi dengan jelas sehingga dapat terukur kinerjanya, dan pada akhirnya peran dan manfaat IT bagi tercapainya tujuan bisnis Telkom University  dapat dioptimalkan.

 

DESKRIPSI LAYANAN

Terdapat dua jenis layanan, yaitu layanan ketersediaan sistem IT dan layanan dukungan IT, dengan deskripsi sebagai berikut:

Layanan Ketersediaan Sistem IT adalah layanan IT dalam mengusahakan ketersediaan sistem  IT  bagi  para  penggunanya  selama  24  jam  dalam  sehari  serta  7  hari  dalam seminggu. Ketersediaan sistem ini diukur dengan cara persentase system uptimedibagi dengan total waktu dalam satu tahun di luar waktu planned downtime, direpresentasikan dalam  prosentase  (%)  ketersediaan.  Terdapat  dua  (2)  layanan  ketersediaan  yang disediakan oleh Direktorat SISFO.

Layanan  Dukungan  IT  adalah  layanan  IT  yang  diberikan  berdasarkan  permintaan dukungan   (servicerequest)   yang   ditujukan   kepada   Direktorat   SISFO.   Terdapat beberapa  layanan  dukungan  yang  perlu  persetujuan  pihak-pihak  terkait  agar  dapat diproses  dan  beberapa  layanan  dukungan  lainnya  dapat  langsung  diproses  tanpa persetujuan.  Terdapat  3  (tiga)  layanan  dukungan  yang  disediakan  oleh Direktorat SISFO.

 

KETENTUAN UMUM TENTANG BERLANGGANAN LAYANAN

Layanan  ini  ditujukan  untuk  seluruh  unit  kerja  pengguna  layanan  IT  di  Telkom University (disebut sebagai pelanggan/user). Untuk itu,  Telkom University  bersama perwakilan  pelanggan  akan  menyetujui  kontrak  kinerja  layanan  yang  disebut  dengan Service  Level  Agreement(SLA)  dengan  durasi  kontrak  selama  satu  (1)  tahun  atau periode  yang  ditentukan  lain.  Selanjutnya,  pelanggan  mendapatkan  hak-hak  sebagai berikut:

  • Menggunakan manfaat   dari ketersediaan   sistem   IT   sebagaimana   yang dijelaskan  dalam  LAMPIRAN  A  dengan  tingkat  kinerja  sebagaimana  yang dijaminkan dalam SLA.
  • Mendapatkan dukungan  penyelesaian   gangguan  sehingga  kinerja  layanan sebagaimana yang dijaminkan dalam SLA dapat tercapai.
  • Mendapatkan laporan  kinerja  layanan  yang  diberikan  dua  (2)  kali  dalam  satu tahun.

 

PENUTUP

Demikian Katalog Layanan ini disampaikan dengan harapan agar manfaat layanan IT dapat dirasakan semaksimal mungkin bagi para penggunanya. Untuk penjelasan lebih lanjutdapat menghubungi Direktorat Sistem Informasi Service Desk, nomor extension: +62-82319949941, e-mail: helpdesk@telkomuniversity.ac.id.

 

KODE LAYANAN SVC –34

Pengembangan Sistem Informasi.

  1. Pengembangan Sistem Informasi

Sub Layanan Pengembangan Aplikasi Sistem Informasi
Deskripsi Pengembangan aplikasi sistem informasi oleh Direktorat SISFO meliputi aplikasi sistem informasi akademik (yang dibangun untuk memberi kemudahan pada pengguna dalam kegiatan administrasi akademik), aplikasi sistem informasi non-akademik (yang berpusat pada tata kelola sumber daya di Telkom University), dan aplikasi pendukung (layanan dasar yang menunjang sistem informasi secara keseluruhan). Pengembangan aplikasi sistem informasi berasal dari permintaan aplikasi baru dan/atau pengembangan dari aplikasi yang sudah ada.
Cakupan Pengguna Layanan Seluruh pemilik proses bisnis Telkom University (Fakultas, Unit/Bagian, Direktorat/Bidang)
1st Level Support Nota Dinas/Memo kepada Direktur SISFO
2nd Level Support Riset & Pengembangan Sistem Informasi
Perioda Penjaminan Sesuai project plan
Komponen Layanan 1) e-Memo (aplikasi milik YPT)
Kebergantungan Dengan Layanan Lain –          Akses Internet

–          E-Mail

–          eMemo

Ketersediaan Minimum Yang Dijaminkan 93%

Lokasi Kami

Kategori

Arsip

%d blogger menyukai ini: