Kualitas yang Dapat Anda Percayai!

Tahun  2016  ini  dibuka  oleh Telkom  University  dengan  suatu  komitmen  untuk memberikan “Service Excellent”dalam rangka perwujudan  Telkom University sebagai “World  class  university  in  2017  to  support  the  national  competitiveness”,  Telkom University  sedang  bertransformasi  menjadi  penyedia  layanan  IT  yang  profesional dengan mengimplementasikan standar internasional ISO 20000-1:2011. Salah satu hal utama  yang  harus  diterapkan  menurut  standar  ISO  20000-1:2011  adalah  dengan menerbitkan Service Catalogueatau juga dikenal dengan “Katalog Layanan”.  Katalog layanan  ini  merupakan  deskripsi  layanan-layanan  yang  disediakan  oleh  Telkom University  beserta target-target kinerjanya. Untuk tahap pertama (revisi 01), cakupan layanan  yang  dimasukkan  ke  dalam  katalog  hanya  layanan-layanan  yang  disediakan kepada pengguna IT di Telkom University.

Call SISFO

Deskripsi Layanan

Terdapat dua jenis layanan, yaitu layanan ketersediaan sistem IT dan layanan dukungan IT, dengan deskripsi sebagai berikut:
Layanan Ketersediaan Sistem IT adalah layanan IT dalam mengusahakan ketersediaan sistem IT bagi para penggunanya selama 24 jam dalam sehari serta 7 hari dalam seminggu. Ketersediaan sistem ini diukur dengan cara persentase system uptimedibagi dengan total waktu dalam satu tahun di luar waktu planned downtime, direpresentasikan dalam prosentase (%) ketersediaan. Terdapat dua (2) layanan ketersediaan yang disediakan oleh Direktorat SISFO.
Layanan Dukungan IT adalah layanan IT yang diberikan berdasarkan permintaan dukungan (servicerequest) yang ditujukan kepada Direktorat SISFO. Terdapat beberapa layanan dukungan yang perlu persetujuan pihak-pihak terkait agar dapat diproses dan beberapa layanan dukungan lainnya dapat langsung diproses tanpa persetujuan. Terdapat 3 (tiga) layanan dukungan yang disediakan oleh Direktorat SISFO.

Ketentuan Umum Tentang Berlangganan Layanan

Layanan ini ditujukan untuk seluruh unit kerja pengguna layanan IT di Telkom University (disebut sebagai pelanggan/user). Untuk itu, Telkom University bersama perwakilan pelanggan akan menyetujui kontrak kinerja layanan yang disebut dengan Service Level Agreement(SLA) dengan durasi kontrak selama satu (1) tahun atau periode yang ditentukan lain. Selanjutnya, pelanggan mendapatkan hak-hak sebagai berikut:
Menggunakan manfaat dari ketersediaan sistem IT sebagaimana yang dijelaskan dalam LAMPIRAN A dengan tingkat kinerja sebagaimana yang dijaminkan dalam SLA.
Mendapatkan dukungan penyelesaian gangguan sehingga kinerja layanan sebagaimana yang dijaminkan dalam SLA dapat tercapai.
Mendapatkan laporan kinerja layanan yang diberikan dua (2) kali dalam satu tahun.

Tujuan

Tujuan dari disusunnya Katalog Layanan ini tidak lain adalah agar kualitas dan detail layanan IT dapat terdefinisi dengan jelas sehingga dapat terukur kinerjanya, dan pada akhirnya peran dan manfaat IT bagi tercapainya tujuan bisnis Telkom University dapat dioptimalkan.

Hubungi RISBANGSI

Kode Layanan SVC –34

Pengembangan Sistem Informasi.

Pengembangan Aplikasi Sistem Informasi

Bagian Riset dan Pengembangan Sistem Informasi (RISBANGSI) bertanggung jawab terhadap semua pengembangan aplikasi di Telkom University.

Aplikasi berdasarkan proses bisnis

Pengembangan aplikasi di Telkom University, berdasarkan aktivitas proses bisnis akademik dan non akademik.

Riset Teknologi Informasi

Kami berusaha untuk selalu mendapatkan informasi terkini mengenai perkembangan teknologi dan menerapkan teknologi yang tepat guna, sesuai dengan sumber daya manusia yang dimiliki.

Pengembangan Aplikasi


Pengembangan aplikasi sistem informasi oleh Direktorat SISFO meliputi aplikasi sistem informasi akademik, aplikasi sistem informasi non-akademik, dan aplikasi pendukung. Pengembangan aplikasi sistem informasi berasal dari permintaan aplikasi baru dan/atau pengembangan dari aplikasi yang sudah ada.

Aplikasi sistem informasi akademik


Dibangun untuk memberi kemudahan pada pengguna dalam kegiatan administrasi akademik.

Aplikasi sistem informasi non-akademik


Berpusat pada tata kelola sumber daya di Telkom University.

Aplikasi pendukung


Layanan dasar yang menunjang sistem informasi secara keseluruhan.

Cakupan Pengguna Layanan

startup incubator programs from SISFO for Tel-USeluruh pemilik proses bisnis Telkom University (Fakultas, Unit/Bagian, Direktorat/Bidang).

Tingkatan Layanan

1st Level Support Nota Dinas/Memo kepada Direktur SISFO
2nd Level Support Riset & Pengembangan Sistem Informasi
Dahliar Ananda, Manajer

Perioda Penjaminan

Sesuai project plan

Komponen Layanan

1) e-Memo (aplikasi milik YPT)

Kebergantungan Dengan Layanan Lain

–          Akses Internet

–          E-Mail

–          eMemo

 

Ketersediaan Minimum Yang Dijaminkan93%

Penutup

Demikian Katalog Layanan ini disampaikan dengan harapan agar manfaat layanan IT dapat dirasakan semaksimal mungkin bagi para penggunanya. Untuk penjelasan lebih lanjutdapat menghubungi Direktorat Sistem Informasi Service Desk, nomor extension: +62 82319949941, e-mail: helpdesk [@] telkomuniversity.ac.id.

View Our Latest Projects

Lorem ipsum dolor sit amet, vero mutat utroque ea mei. Sit et elitr suscipiantur, accumsan sapientem per no. Cu has sapientem rationibus. Has ne veritus dissentiet, quaeque postulant usu at.

READ MORE
Layanan RISBANGSI Juli 22, 2016