Deskripsi Pekerjaan di Bagian RISBANGSI

Bagian Riset dan Pengembangan Sistem Informasi

Dipimpin oleh seorang Kepala Bagian dan memiliki 3 Sub Bagian yang diwakili masing-masing oleh seorang Kepala Urusan

Kepala Bagian RISBANGSI

 

1. IDENTIFIKASI (IDENTIFICATION)
Nama Jabatan : Kepala Bagian
Direktorat/Fakultas : Sistem Informasi
Bagian/Prodi : Riset & Pengembangan Sistem Informasi
Urusan :
Atasan Langsung : Direktur Sistem Informasi
Bawahan Langsung
:
1. Kepala Urusan Pengembangan Sistem Informasi Akademik
2. Kepala Urusan Pengembangan Sistem Informasi Non Akademik
3. Kepala Urusan Riset & Inovasi Teknologi
2. DESKRPSI JABATAN (POSITION DESCRIPTION )
1. Bertanggung jawab sebagai koordinator seluruh tim pengembangan sistem informasi dan riset dan inovasi teknologi informasi bagi stakeholders universitas;
2. Terlibat dalam tim pengembang ICT blueprint serta metodologi pencapaian setiap tahapan dalam ICT blueprint;
3. Menganalisis dan menyusun program kerja serta aktivitas riset dan inovasi teknologi informasi sebagai strategic tools untuk optimasi kinerja universitas;
4. Menganalisis dan menyusun program kerja serta aktivitas pengembangan aplikasi dan sistem informasi sebagai strategic tools untuk optimasi kinerja universitas;
5. Bertanggung jawab atas analisis kebutuhan user internal (level manajer, direktur dan pimpinan) serta stakeholders eksternal dengan menyesuaikan bisnis proses universitas terhadap aplikasi sistem informasi.
3. TUJUAN (OBJECTIVE)
1. Melakukan pengembangan sistem informasi akademik dan non-akademik;
2. Melakukan riset dan inovasi teknologi informasi;
3. Mendefinisikan teknologi umum yang digunakan civitas akademik;
4. Menyediakan akses data yang sesuai dengan kebutuhan civitas akademik;
5. Melakukan integrasi dengan sistem internal dan eksternal.
4. TUGAS POKOK (MAIN TASK)
1. Mengelola proses proses pengembangan perangkat lunak dari tahap requirement gathering hingga development;
2. Mengelola proses proses pengembangan perangkat lunak dari tahap user testing hingga delivery ke pengguna dan bagian operasional;
3. Mengelola proses pengembangan produk baru dari dari tahap requirement gathering hingga produk siap digunakan;
4. Melakukan analsis pengembangan IT masterplan berdasar kepada informasi kebutuhan dari setiap fakultas dan direktorat;
5. Mengkoordinir proses pengelolaan lisensi dari pengumpulan data, pendataan, sosialisasi dan distribusi;
6. Mengkoordinir proses penyediaan akses data menggunakan API.
5. TANGGUNG JAWAB (RESPONSIBILITY)
1. Pengembangan aplikasi;
2. Pengujian dan Serah Terima Aplikasi;
3. Riset dan inovasi teknologi informasi;
4. Mendesain kebijakan pengembangan IT kedepan;
5. Pengelolaan Lisensi;
6. Pengelolaan permintaan data via API.
6. WEWENANG (AUTHORITY)
1. Approval permintaan pengembangan aplikasi;
2. Approval desain teknis aplikasi;
3. Approval hasil uji pengembangan aplikasi;
4. Approval proses serah terima aplikasi ke klien dan bagian operasional;
5. Desain rencana pengembangan IT;
6. Approval pengajuan lisensi;
7. Approval penggunaan anggaran lisensi;
8. Approval permintaan pengembangan API;
9. Approval desain teknis API.
A. Dimensi Keuangan :
– Mengontrol pengunaan anggaran agar sesuai dengan Rencana Kerja Anggaran (RKA) unit.
B. Dimensi non-keuangan :
Bawahan langsung : 3
Bawahan Tidak Langsung : 19
Total : 22
7. HUBUNGAN KERJA (WORKING RELATIONSHIPS)
A. Internal Dalam Hal :
Direktorat dan Fakultas 1. Pengembangan Aplikasi dan data
2. Pendataan lisensi
3. Penyusunan rencana pengembangan
B. Eksternal
Dalam Hal :
1. Pihak eksternal atas sepersetujuan dari Pimpinan 1. Pengembangan Aplikasi dan data
2. YPT 2. Penyusunan rencana pengembangan IT
8. MASALAH & TANTANGAN KERJA (PROBLEMS & WORK CHALLENGES)
1. Ketersediaan anggaran dan sumber daya manusia.
9. INDIKATOR KEBERHASILAN
1. Aplikasi sesuai dengan kebutuhan user;
2. Persentase capaian pengembangan realisasi terhadap target;
3. Dokumen rencana pengembangan IT yang disahkan;
4. Jumlah pengajuan lisensi yang tertangani;
5. Jumlah permintaan API yang tertangani.
10. SPESIFIKASI JABATAN (JOB SPESIFICATIONS)
A. Pendidikan (Education)
– Minimum S2 di bidang teknologi informasi dan sejenisnya.
B. Pengalaman (Experience)
1. Pengembangan dan deployment aplikasi.
C. Pengetahuan (Knowledge)
1. Project Management;
2. Pengembangan aplikasi sesuai dengan teknologi yang digunakan di Direktorat Sistem Informasi.
D. Kompetensi (Competency)
1. Leadership Competency Level
Creativity And Innovation 3
Strategic Management 3
Customer Orientation 3
Execution-Focused 3
Change Leadership 3
Strategic Relationship 3
Nurturing People 3
Entrepreneurship 3
2. Profesional Competency Level
Analytical Thinking 3
Conceptual Thinking 3
Organizational Awareness 3
Continous Improvement 3
3. Technical/Functional Competency
Level
Product & solution design 3
Product portfolio strategy & management
3
Prototyping 3
Back end development 3
Innovation management 3
IT strategy & business alignment
3
Architecture management 3
Service catalogue management
3
Program/ project management
3
IT requirement management 3
IT vendor & product knowledge
3
3rd party system integration 3
Digital integration & api 3
Web services 3
Devops 3
IT & digital change management
3

Kepala Urusan Pengembangan Sistem Informasi Akademik

 

1. IDENTIFIKASI (IDENTIFICATION)
Nama Jabatan : Kepala Urusan
Direktorat/Fakultas : Sistem Informasi
Bagian/Prodi : Riset & Pengembangan Sistem Informasi
Urusan : Pengembangan Sistem Informasi Akademik
Atasan Langsung : Kepala Bagian Riset dan Pengembangan Sistem Informasi
Bawahan Langsung : Staf Pengembangan Sitem Informasi Akademik
2. DESKRPSI JABATAN (POSITION DESCRIPTION )
1. Bertanggung jawab sebagai koordinator seluruh tim pengembangan sistem informasi akademik bagi stakeholders universitas;
2. Terlibat dalam tim pengembang ICT blueprint serta metodologi pencapaian setiap tahapan dalam ICT blueprint;
3. Menganalisis dan menyusun program kerja serta aktivitas pengembangan aplikasi dan sistem informasi akademik sebagai strategic tools untuk optimasi kinerja universitas.
3. TUJUAN (OBJECTIVE)
1. Melakukan pengembangan sistem informasi akademik;
2. Melakukan integrasi dengan sistem internal dan eksternal.
4. TUGAS POKOK (MAIN TASK)
1. Mengelola proses proses pengembangan perangkat lunak dari tahap requirement gathering hingga development;
2. Mengelola proses proses pengembangan perangkat lunak dari tahap user testing hingga delivery ke pengguna dan bagian operasional;
3. Melakukan analsis pengembangan IT masterplan berdasar kepada informasi kebutuhan dari setiap fakultas dan direktorat;
4. Mengkoordinir proses penyediaan akses data menggunakan API.
5. TANGGUNG JAWAB (RESPONSIBILITY)
1. Pengembangan aplikasi Akademik;
2. Pengujian dan Serah Terima Aplikasi akademik;
3. Mendesain kebijakan pengembangan IT kedepan;
4. Pengelolaan permintaan data via API.
6. WEWENANG (AUTHORITY)
1. Approval permintaan pengembangan aplikasi;
2. Approval desain teknis aplikasi;
3. Approval hasil uji pengembangan aplikasi;
4. Approval proses serah terima aplikasi ke klien dan bagian operasional;
5. Desain rencana pengembangan IT;
6. Approval permintaan pengembangan API;
7. Approval desain teknis API.
A. Dimensi Keuangan :
– Mengusulkan pengunaan anggaran agar sesuai dengan Rencana Kerja Anggaran (RKA) unit.
B. Dimensi non-keuangan :
Bawahan langsung : 8
Bawahan Tidak Langsung : 0
Total : 8
7. HUBUNGAN KERJA (WORKING RELATIONSHIPS)
A. Internal
Dalam Hal :
Direktorat dan Fakultas 1. Pengembangan Aplikasi dan data
2. Pendataan lisensi
3. Penyusunan rencana pengembangan
B. Eksternal
Dalam Hal :
1. Pihak eksternal atas sepersetujuan dari Pimpinan 1. Pengembangan Aplikasi dan data
2. YPT 2. Penyusunan rencana pengembangan IT
8. MASALAH & TANTANGAN KERJA (PROBLEMS & WORK CHALLENGES)
1. Ketersediaan anggaran dan sumber daya manusia
2. Transfer knowledge pengelolaan aplikasi dan artefak sistem.
9. INDIKATOR KEBERHASILAN
1. Aplikasi sesuai dengan kebutuhan user;
2. Persentase capaian pengembangan realisasi terhadap target;
3. Jumlah pengajuan lisensi yang tertangani;
4. Jumlah permintaan API yang tertangani.
10. SPESIFIKASI JABATAN (JOB SPESIFICATIONS)
A. Pendidikan (Education)
– Minimum S1 di bidang teknologi informasi dan sejenisnya.
B. Pengalaman (Experience)
1. Pengembangan dan deployment aplikasi akademik.
C. Pengetahuan (Knowledge)
1. Project Management;
2. Pengembangan aplikasi sesuai dengan teknologi yang digunakan di Direktorat Sistem Informasi.
D. Kompetensi (Competency)
1. Leadership Competency Level
Creativity And Innovation 2
Strategic Management 2
Customer Orientation 2
Execution-Focused 2
Change Leadership 2
Strategic Relationship 2
Nurturing People 2
Entrepreneurship 2
2. Profesional Competency Level
Analytical Thinking 2
Conceptual Thinking 2
Organizational Awareness 2
Continous Improvement 2
3. Technical/Functional Competency Level
3rd party system integration 2
Architecture management 2
Back end development 2
Devops 2
Digital integration & api 2
IT & digital change management 2
IT requirement management 2
IT strategy & business alignment 2
Product & solution design 2
Product portfolio strategy & management 2
Program/ project management 2
Service catalogue management 2
Web services 2

Staf Database Engineer Pengembangan Sistem Informasi Akademik

1. IDENTIFIKASI (IDENTIFICATION)
Nama Jabatan : Staf Database Engineer Pengembangan Sistem Informasi Akademik
Direktorat/Fakultas : Sistem Informasi
Bagian/Prodi : Riset dan Pengembangan Sistem Informasi
Urusan : Pengembangan Sistem Informasi Akademik
Atasan Langsung
:
Kepala Urusan Pengembangan Sistem Informasi Akademik
Bawahan Langsung :
2. DESKRPSI JABATAN (POSITION DESCRIPTION )
Menyusun skema basis data dengan mengakomodasi kebutuhan proses bisnis berupa rancangan ERD, scripting query, PL/SQL, setting priveledge, dan lain-lain yang berhubungan dengan database, agar dapat diimplementasikan juga dalam bentuk API atau query data.
3. TUJUAN (OBJECTIVE)
Menyusun skema basis data dan melakukan pengolahan data baik berupa pembuatan atau laporan data yang diperlukan user atau programmer dengan mengakomodasi kebutuhan proses bisnis agar bisa diimplentasi dalam aplikasi juga.
4. TUGAS POKOK (MAIN TASK)
1. Menyusun skema basis data dengan mengakomodasi kebutuhan proses bisnis;
2. Melakukan pengolahan data baik berupa dengan pembuatan API atau laporan data yang diperlukan user atau programmer.
5. TANGGUNG JAWAB (RESPONSIBILITY)
1. Menyusun skema basis data dengan mengakomodasi kebutuhan proses bisnis;
2. Melakukan implementasi skema basis data;
3. Membuat scripting query untuk mendukung pengembangan aplikasi sistem informasi;
4. Menerima keperluan data yang dibutuhkan;
5. Melakukan proses scripting query;
6. Pembuatan API atau laporan guna memenuhi kebutuhan user.
6. WEWENANG (AUTHORITY)
1. Menyusun skema basis data dengan mengakomodasi kebutuhan proses bisnis;
2. Melakukan implementasi skema basis data;
3. Membuat scripting query untuk mendukung pengembangan aplikasi sistem informasi;
4. Pembuatan API untuk memberikan data baik yang diperlukan user atau programer;
5. Pembuatan laporan data yang diperlukan user.
A. Dimensi Keuangan :
– Mengusulkan pengunaan anggaran agar sesuai dengan Rencana Kerja Anggaran (RKA) unit.
B. Dimensi non-keuangan :
Bawahan langsung : 0
Bawahan Tidak Langsung : 0
Total : 0
7. HUBUNGAN KERJA (WORKING RELATIONSHIPS)
A. Internal Dalam Hal :
System Analyst
Technical Writer
Programmer
Quality Assurance
Menyusun skema basis data
B. Eksternal Dalam Hal :
User direktorat atau fakultas yang request data Penyediaan data
8. MASALAH & TANTANGAN KERJA (PROBLEMS & WORK CHALLENGES)
Menjaga integritas data agar tidak redundant.
9. INDIKATOR KEBERHASILAN
1. ERD dan query yang optimal;
2. Data dihasilkan dari API dan laporan.
10. SPESIFIKASI JABATAN (JOB SPESIFICATIONS)
A. Pendidikan (Education)
– Minimum D3/S1 di bidang teknologi informasi dan sejenisnya
B. Pengalaman (Experience)
– Berpengalaman dalam pekerjaan pengembangan atau modifikasi aplikasi dengan Framework
C. Pengetahuan (Knowledge)
– Memahami konsep API dan framework Laravel;
– Memahami konsep database;
– Merancang skema ER Diagram;
– Menguasai SQL dan PL/SQL;
– Membuat table space, setting priveledge user.
D. Kompetensi (Competency)
1. Leadership Competency Level
Creativity And Innovation 1
Strategic Management 1
Customer Orientation 1
Execution-Focused 1
Change Leadership 1
Strategic Relationship 1
Nurturing People 1
Entrepreneurship 1
2. Profesional Competency Level
Analytical Thinking 1
Conceptual Thinking 1
Organizational Awareness 1
Continous Improvement 1
3. Technical/Functional Competency Level
DATA ENGINEERING 1
DEVOPS 1
BACK END DEVELOPMENT 1
DIGITAL INTEGRATION & API 1

Staf Programmer Pengembangan Sistem Informasi Akademik

1. IDENTIFIKASI (IDENTIFICATION)
Nama Jabatan : Staf Programmer Pengembangan Sistem Informasi Akademik
Direktorat/Fakultas : Sistem Informasi
Bagian/Prodi : Riset dan Pengembangan Sistem Informasi
Urusan : Pengembangan Sistem Informasi Akademik
Atasan Langsung : Kepala Urusan Pengembangan Sistem Informasi Akademik
Bawahan Langsung :
2. DESKRPSI JABATAN (POSITION DESCRIPTION )
Membuat, memperbaharui, mengembangkan, mengidentifikasi baik membuat program baru atau error dalam suatu framework atau program aplikasi sesuai kebutuhan user yang dituangkan dalam SDKPL dan standar pembuatan program agar menciptakan aplikasi yang handal dan berjalan baik.
3. TUJUAN (OBJECTIVE)
Melakukan pembuatan, perbaikan, penyesuaian program terhadap framework atau aplikasi sesuai dengan rancangan SDKPL dan satandar pembuatan program agar menciptakan aplikasi yang handal dan berjalan baik.
4. TUGAS POKOK (MAIN TASK)
1. Melakukan pembuatan program aplikasi sesuai dengan design rancangan SDKPL dan standar pembuatan perogram agar menciptakan aplikasi yang handal dan berjalan dengan baik;
2. Melakukan perbaikan atau penyesuaian terhadap program framework yang digunakan dalam pengembangan perangkat lunak.
5. TANGGUNG JAWAB (RESPONSIBILITY)
1. Menerima hasil rancangan sesuai requirement dari system analyst dilanjutkan dengan pembuatan peta aplikasi, design antarmuka dalam aplikasi sesuai SDKPL;
2. Memperbaharui dan pengembangan program yang ada disesuaikan dengan use case yang diminta;
3. Identifikasi program dengan pengetesan dan perbaikan error;
4. Menghasilkan program aplikasi sesuai proses bisnis di SDKPL;
5. Terdapat bug yang perlu diperbaiki dalam framework;
6. Penyesuaian terhadap teknologi yang ada;
7. Perbaikan dan penyesuaian program framework agar lebih optimal.
6. WEWENANG (AUTHORITY)
1. Membuat, memperbaharui, mengembangkan, mengidentifikasi error dalam suatu program aplikasi sesuai kebutuhan user yang dituangkan dalam SDKPL;
2. Merubah program framework sesuai instruksi system analyst.
A. Dimensi Keuangan :
Tidak mempunyai dimensi keuangan.
B. Dimensi non-keuangan :
Bawahan langsung : 0
Bawahan Tidak Langsung : 0
Total : 0
7. HUBUNGAN KERJA (WORKING RELATIONSHIPS)
A. Internal Dalam Hal :
System Analyst
Kesesuaian hasil program aplikasi dengan SDKPL
Lulus hasi test UAT
Kesesuaian standar program
Technical Writer
Database Engineer
Quality Assurance
B. Eksternal Dalam Hal :
8. MASALAH & TANTANGAN KERJA (PROBLEMS & WORK CHALLENGES)
Pencarian plugin atau library yang belum ada di framework sebelumnya; Kemampuan untuk mencari bugs atau error.
9. INDIKATOR KEBERHASILAN
1. Kesesuaian hasil program aplikasi;
2. dengan SDKPL;
3. Lulus hasi test UAT;
4. Kesesuaian standar program.
5. Optimasi framework aplikasi.
10. SPESIFIKASI JABATAN (JOB SPESIFICATIONS)
A. Pendidikan (Education)
– Minimum D3/S1 di bidang teknologi informasi dan sejenisnya.
B. Pengalaman (Experience)
– Berpengalaman dalam pekerjaan pengembangan atau modifikasi aplikasi dengan Framework.
C. Pengetahuan (Knowledge)
– Menguasai Bahasa Pemrograman PHP, HTML, CSS, Javascript, framework Laravel dan Angular;
– Memahami konsep API;
– Memahami konsep version control, terutama SVN dan IT;
– Kemampuan untuk mencari library atau plugin framework.
D. Kompetensi (Competency)
1. Leadership Competency Level
Creativity And Innovation 1
Strategic Management 1
Customer Orientation 1
Execution-Focused 1
Change Leadership 1
Strategic Relationship 1
Nurturing People 1
Entrepreneurship 1
2. Profesional Competency Level
Analytical Thinking 1
Conceptual Thinking 1
Organizational Awareness 1
Continous Improvement 1
3. Technical/Functional Competency Level
APPLICATION MANAGEMENT 1
DEVOPS 1

Staf Quality Assurance Pengembangan Sistem Informasi Akademik

1. IDENTIFIKASI (IDENTIFICATION)
Nama Jabatan : Staf Quality Assurance Pengembangan Sistem Informasi Akademik
Direktorat/Fakultas :
Sistem Informasi
Bagian/Prodi :
Riset dan Pengembangan Sistem Informasi
Urusan :
Pengembangan Sistem Informasi Akademik
Atasan Langsung :
Kepala Urusan Pengembangan Sistem Informasi Akademik
Bawahan Langsung :
2. DESKRPSI JABATAN (POSITION DESCRIPTION )
Melakukan pengujian terhadap perangkat lunak agar berjalan sesuai fungsionalitasnya, memeriksa standarisasi terhadarp program dan skema basis data serta securitynya, hingga melakukan serah terima kepada end user.
3. TUJUAN (OBJECTIVE)
Melakukan proses pengujian terhadap perangkat lunak sesuai fungsionalitasnya agar bila aplikasi diserahterimakan bisa berjalan dengan baik dan memeriksa standarisasinya juga agar output aplikasi lebih baik.
4. TUGAS POKOK (MAIN TASK)
1. Melakukan proses pengujian terhadap perangkat lunak agar berjalan sesuai fungsionalitasnya;
2. Melakukan serah terima perangkat lunak kepada end user;
3. Memeriksa standarisasi terhadap program yang dibuat programer dan skema basis data serta query dalam database yg dibuat database.
5. TANGGUNG JAWAB (RESPONSIBILITY)
1. Membuat skenario pengujian UAT;
2. Melakukan testing terhadap aplikasi perangkat lunak sistem informasi;
3. Menyampaikan hasil pengujian kepada database dan programer;
4. Melaporkan hasil pengujian kepada system analyst untuk troubleshoot;
5. Mengusulkan hasil pengujian akhir dengan layak atau tidaknya aplikasi dipergunakan oleh user, sesuai requrement user serta fungsionalitasnya;
6. Menampung saran standarisasi dari semua stackholder ataupun standarisasi yg sudah ada;
7. Merancang standarisasi denganpenyesuiakan;
8. Menyusun standarisasi tersebut agar diikuti;
9. Memeriksa setiap hasil aplikasi apakah sudah sesuai dengan standarisasi yang ada.
6. WEWENANG (AUTHORITY)
1. Membuat skenario pengujian UAT terhadap perangkat lunak;
2. Menyampaikan ketidaksesuaian fungsionalittas dengan rekan tim untuk ditindak lanjuti;
3. Mengusulkan hasil pengujian untuk nantinya diserah terimakan;
4. Mengusulkan standarisasi programer dan database untuk ditetapkan;
5. Memerikasa hasil pekerjaan program dan database dan mengkoreksinya.
A. Dimensi Keuangan :
– Mengusulkan pengunaan anggaran agar sesuai dengan Rencana Kerja Anggaran (RKA) unit.
B. Dimensi non-keuangan :
Bawahan langsung :
Bawahan Tidak Langsung :
Total :
7. HUBUNGAN KERJA (WORKING RELATIONSHIPS)
A. Internal
Dalam Hal :
System Analyst Melakukan pengujian program dan database sesuai fungsionalitas
Database Engineer
Programer
B. Eksternal
Dalam Hal :
8. MASALAH & TANTANGAN KERJA (PROBLEMS & WORK CHALLENGES)
Berbagai kemungkinan testing dan error yang muncul.
9. INDIKATOR KEBERHASILAN
Melakukan pengujian program dan database sesuai fungsionalitas;
Menjaga optimasi performansi, security, serta standarisasi.
10. SPESIFIKASI JABATAN (JOB SPESIFICATIONS)
A. Pendidikan (Education)
– Minimum D3/S1 di bidang teknologi informasi dan sejenisnya
B. Pengalaman (Experience)
– Berpengalaman dalam pekerjaan dokumentasi pengembangan aplikasi
C. Pengetahuan (Knowledge)
1. Mengoperasikan tools testing;
2. Mampu mengoperasikan tools softwarre architecture;
3. Minimal menguasai konsep database dan programming;
4. Memiliki pengetahuan dalam melakukan desain software.
D. Kompetensi (Competency)
1. Leadership Competency Level
Creativity And Innovation 1
Strategic Management 1
Customer Orientation 1
Execution-Focused 1
Change Leadership 1
Strategic Relationship 1
Nurturing People 1
Entrepreneurship 1
2. Profesional Competency Level
Analytical Thinking 1
Conceptual Thinking 1
Organizational Awareness 1
Continous Improvement 1
3. Technical/Functional Competency Level
SOLUTION AND SERVICE TESTING 1
IT REQUIREMENT MANAGEMENT 1
DEVOPS 1

Staf System Analyst Pengembangan Sistem Informasi Akademik

 

1. IDENTIFIKASI (IDENTIFICATION)
Nama Jabatan : Staf System Analyst Pengembangan Sistem Informasi Akademik
Direktorat/Fakultas : Sistem Informasi
Bagian/Prodi : Riset dan Pengembangan Sistem Informasi
Urusan : Pengembangan Sistem Informasi Akademik
Atasan Langsung : Kepala Urusan Pengembangan Sistem Informasi Akademik
Bawahan Langsung :
2. DESKRPSI JABATAN (POSITION DESCRIPTION )
Melakukan analisa pengembangan, perbaikan, penyesuian, baik terhadap sistem/aplikasi ataupun framework agar menghasilkan rancangan aplikasi sesuai requirement hingga tercipta perangkat lunak yang handal.
3. TUJUAN (OBJECTIVE)
Melakuakan proses analisa sistem/aplikasi agar menghasilkan rancangan aplikasi sesuai requirement user hingga nanti bisa diteruskan ke tim sebagai pembuatan aplikasi yang berjalan dengan baik dan bisa diterima oleh user.
4. TUGAS POKOK (MAIN TASK)
1. Melakukan analisa terhadap sistem/aplikasi agar menghasilkan rancangan aplikasi sesuai requirement;
2. Melakukan analisa perbaikan atau penyesuaian terhadap framework yang digunakan dalam pengembangan perangkat lunak;
3. Memilih dan mengumpulkan hasil coding setiap fitur aplikasi setelah test dilakukan untuk melakukan merge code antara development dan production.
5. TANGGUNG JAWAB (RESPONSIBILITY)
1. Mengumpulkan data requirement hasil dari gathering dengan user;
2. Membuat Proses Bisnis, Use Case, Peta Aplikasi, design antarmuka atau mockup;
3. Mengecek kesesuaian hasil analisa dengan requirement user;
4. Mendistribusikan hasil analisa kepada tim;
5. Penyesuaian terhadap teknologi yang ada;
6. Menyampaikan hasil analisa kepada programer atau database untuk diperbaiki atau disesuaikan;
7. Fitur yang dikembangkan programer dan sudah di tes oleh quality aasurance;
8. Melakukan merge code tanpa conflict;
9. Memilih fitur aplikasi dan di publish ke production.
6. WEWENANG (AUTHORITY)
1. Membuat design rancangan aplikasi sesuai standar SDKPL;
2. Mendistribusikan hasil analisa kepada tim setelah sesuai dengan requirement user;
3. Merubah cara kerja framework agar lebih optimal dan efisien;
4. Melakukan merge code;
5. Memilih fitur mana saja yang bisa di publish;
6. Menganalisa conflict di production.
A. Dimensi Keuangan :
– Mengusulkan pengunaan anggaran agar sesuai dengan Rencana Kerja Anggaran (RKA) unit.
B. Dimensi non-keuangan :
Bawahan langsung : 0
Bawahan Tidak Langsung : 0
Total : 0
7. HUBUNGAN KERJA (WORKING RELATIONSHIPS)
A. Internal Dalam Hal :
Technical Writer Mendistribusikan hasil analisa kepada tim setelah sesuai dengan requirement user
Programmer
Database Engineer
B. Eksternal Dalam Hal :
User dari Direktorat atau fakultas Kesesuaian hasil analisa dengan requirement user dalam bentuk draft SDKPL
8. MASALAH & TANTANGAN KERJA (PROBLEMS & WORK CHALLENGES)
Komunikasi tim dalam pendistribusian hasil analisa.
9. INDIKATOR KEBERHASILAN
1. Kesesuaian hasil analisa dengan requirement user dalam bentuk draft SDKPL;
2. Optimasi framework aplikasi;
3. Aplikasi dengan fitur terpilih bisa berjalan baik tanpa conflict.
10. SPESIFIKASI JABATAN (JOB SPESIFICATIONS)
A. Pendidikan (Education)
– Minimum D3/S1 di bidang teknologi informasi dan sejenisnya.
B. Pengalaman (Experience)
– Berpengalaman dalam pekerjaan pengembangan atau modifikasi aplikasi dengan Framework.
C. Pengetahuan (Knowledge)
– Menguasai metode pemodelan pemprograman seperti OOP, design pattern, UML;
– Menguasai Bahasa Pemrograman PHP dan Javascript, terutama framework Laravel dan Angular;
– Memahami konsep API;
– Memahami konsep database;
– Memahami konsep version control, terutama SVN dan IT.
D. Kompetensi (Competency)
1. Leadership Competency Level
Creativity And Innovation 1
Strategic Management 1
Customer Orientation 1
Execution-Focused 1
Change Leadership 1
Strategic Relationship 1
Nurturing People 1
Entrepreneurship 1
2. Profesional Competency Level
Analytical Thinking 1
Conceptual Thinking 1
Organizational Awareness 1
Continous Improvement 1
3. Technical/Functional Competency Level
PRODUCT & SOLUTION DESIGN 1
IT REQUIREMENT MANAGEMENT 1
DEVOPS 1
ARCHITECTURE MANAGEMENT 1
RELEASE MANAGEMENT 1

 

Staf Technical Writer Pengembangan Sistem Informasi Akademik

1. IDENTIFIKASI (IDENTIFICATION)
Nama Jabatan : Staf Technical Writer Pengembangan Sistem Informasi Akademik
Direktorat/Fakultas :
Sistem Informasi
Bagian/Prodi :
Riset dan Pengembangan Sistem Informasi
Urusan :
Pengembangan Sistem Informasi Non Akademik
Atasan Langsung
:
Kepala Urusan Pengembangan Sistem Informasi Akademik
Bawahan Langsung :
2. DESKRPSI JABATAN (POSITION DESCRIPTION )
Pengumpulan dan identifikasi kebutuhan aplikasi sistem informasi samapai Dokumentasi akhir aplikasi sistem informasi, proses dokumentasi dari hulu ke hilir pembuatan aplikasi, mencakup Project Plan, SKDPL, Risalah rapat, UAT, BAST, Usermanual.
3. TUJUAN (OBJECTIVE)
Melakukan requirement gathering untuk mendokumentasikan desain aplikasi dan spesifikasi kebutuhan perangkat lunak, samapai membuat dokumen akhir berupa dokumen teknis dan usermanual aplikasi.
4. TUGAS POKOK (MAIN TASK)
1. Melakukan requirement gathering, mendokumentasikan desain aplikasi dan spesifikasi kebutuhan perangkat lunak;
2. Mengikuti rapat progres aplikasi agar hasilnya bisa terdokumentasi dalam risalah rapat;
3. Membuat dokumen akhir berupa dokumen teknis dan usermanual aplikasi.
5. TANGGUNG JAWAB (RESPONSIBILITY)
1. Mengumpulkan data requirement hasil dari gathering dengan user;
2. Membuat dokumentasi Project Plan;
3. Mengumpulkan data yang disampaikan system analyst mengenai bahan-bahan pembuatan SDKPL untuk didokumentasikan;
4. Membuat dokumentasi SDKPL;
5. Mengikuti setiap rapat progress aplikasi agar dapat membuat risalah rapat untuk nanti menjadi catatan atau ditindaklanjuti;
6. Membuat dokumentasi teknis yang berkoordinasi dengan tim terutama dari sisi program dan database agar tim lopsi atau operasional bisa melakukan pemahamam untuk maintenance aplikasi;
7. Membuat dokumentasi usermanual agar end user setiap role bisa memahami cara pakai aplikasi.
6. WEWENANG (AUTHORITY)
1. Bersama melakukan requirement gathering terhadap kebutuhan user hingga menghasilkan dokumentasi project plan;
2. Membuat dokumentasi SDKPL hasil dari analisa;
3. Membuat dokumentasi risalah rapat untuk setiap progress pertemuan;
4. Membuat dokumen teknis aplikasi;
5. Membuat dokumentasi usermanual.
A. Dimensi Keuangan :
– Mengusulkan pengunaan anggaran agar sesuai dengan Rencana Kerja Anggaran (RKA) unit.
B. Dimensi non-keuangan :
Bawahan langsung : 0
Bawahan Tidak Langsung : 0
Total : 0
7. HUBUNGAN KERJA (WORKING RELATIONSHIPS)
A. Internal
Dalam Hal :
Kepala Urusan
Kesesuaian dokumentasi Project Plan dan SDKPL dengan kebutuhan User
System Analyst
Quality Assurance
B. Eksternal
Dalam Hal :
Bagian Lopsi
Dokumentasi akhir
Fakultas atau Direktorat
8. MASALAH & TANTANGAN KERJA (PROBLEMS & WORK CHALLENGES)
Memahami proses bisnis, program, database agar bisa di dokumentasikan.
9. INDIKATOR KEBERHASILAN
1. Kesesuaian dokumentasi Project Plan dan SDKPL dengan kebutuhan User.
2. Risalah rapat;
3. Dokumen Teknis Aplikasi;
4. Dokumentasi Usermanual.
10. SPESIFIKASI JABATAN (JOB SPESIFICATIONS)
A. Pendidikan (Education)
– Minimum D3/S1 di bidang teknologi informasi dan sejenisnya.
B. Pengalaman (Experience)
– Berpengalaman dalam pekerjaan dokumentasi pengembangan aplikasi.
C. Pengetahuan (Knowledge)
1. Menguasai microsoft office;
2. Mampu mengoperasikan tools softwarre architecture;
3. Minimal menguasai konsep database dan programming;
4. Memiliki pengetahuan dalam melakukan desain software.
D. Kompetensi (Competency)
1. Leadership Competency Level
Creativity And Innovation 1
Strategic Management 1
Customer Orientation 1
Execution-Focused 1
Change Leadership 1
Strategic Relationship 1
Nurturing People 1
Entrepreneurship 1
2. Profesional Competency Level
Analytical Thinking 1
Conceptual Thinking 1
Organizational Awareness 1
Continous Improvement 1
3. Technical/Functional Competency Level
IT REQUIREMENT MANAGEMENT 1
SERVICE LEVEL MANAGEMENT 1
USER EXPERIENCE 1

Kepala Urusan Pengembangan Sistem Informasi Non-Akademik

 

1. IDENTIFIKASI (IDENTIFICATION)
Nama Jabatan : Kepala Urusan
Direktorat/Fakultas : Sistem Informasi
Bagian/Prodi : Riset & Pengembangan Sistem Informasi
Urusan : Pengembangan Sistem Informasi Non Akademik
Atasan Langsung : Kepala Bagian Riset dan Pengembangan Sistem Informasi
Bawahan Langsung : Staf Pengembangan Sitem Informasi Non Akademik
2. DESKRPSI JABATAN (POSITION DESCRIPTION )
1. Bertanggung jawab sebagai koordinator seluruh tim pengembangan sistem informasi non akademik bagi stakeholders universitas;
2. Terlibat dalam tim pengembang ICT blueprint serta metodologi pencapaian setiap tahapan dalam ICT blueprint;
3. Menganalisis dan menyusun program kerja serta aktivitas pengembangan aplikasi dan sistem informasi non akademik sebagai strategic tools untuk optimasi kinerja universitas.
3. TUJUAN (OBJECTIVE)
1. Melakukan pengembangan sistem informasi non akademik;
2. Melakukan integrasi dengan sistem internal dan eksternal.
4. TUGAS POKOK (MAIN TASK)
1. Mengelola proses proses pengembangan perangkat lunak dari tahap requirement gathering hingga development;
2. Mengelola proses proses pengembangan perangkat lunak dari tahap user testing hingga delivery ke pengguna dan bagian operasional;
3. Melakukan analsis pengembangan IT masterplan berdasar kepada informasi kebutuhan dari setiap fakultas dan direktorat;
4. Mengkoordinir proses penyediaan akses data menggunakan API.
5. TANGGUNG JAWAB (RESPONSIBILITY)
1. Pengembangan aplikasi non Akademik;
2. Pengujian dan Serah Terima Aplikasi non akademik;
3. Mendesain kebijakan pengembangan IT kedepan;
4. Pengelolaan permintaan data via API.
6. WEWENANG (AUTHORITY)
1. Approval permintaan pengembangan aplikasi;
2. Approval desain teknis aplikasi;
3. Approval hasil uji pengembangan aplikasi;
4. Approval proses serah terima aplikasi ke klien dan bagian operasional;
5. Desain rencana pengembangan IT;
6. Approval permintaan pengembangan API;
7. Approval desain teknis API.
A. Dimensi Keuangan :
– Mengusulkan pengunaan anggaran agar sesuai dengan Rencana Kerja Anggaran (RKA) unit.
B. Dimensi non-keuangan :
Bawahan langsung : 8
Bawahan Tidak Langsung : 0
Total : 8
7. HUBUNGAN KERJA (WORKING RELATIONSHIPS)
A. Internal
Dalam Hal :
Direktorat dan Fakultas 1. Pengembangan Aplikasi dan data
2. Pendataan lisensi
3. Penyusunan rencana pengembangan
B. Eksternal
Dalam Hal :
1. Pihak eksternal atas sepersetujuan dari Pimpinan 1. Pengembangan Aplikasi dan data
2. YPT 2. Penyusunan rencana pengembangan IT
8. MASALAH & TANTANGAN KERJA (PROBLEMS & WORK CHALLENGES)
1. Ketersediaan anggaran dan sumber daya manusia;
2. Transfer knowledge pengelolaan aplikasi dan artefak sistem.
9. INDIKATOR KEBERHASILAN
1. Aplikasi sesuai dengan kebutuhan user;
2. Persentase capaian pengembangan realisasi terhadap target;
3. Jumlah pengajuan lisensi yang tertangani;
4. Jumlah permintaan API yang tertangani.
10. SPESIFIKASI JABATAN (JOB SPESIFICATIONS)
A. Pendidikan (Education)
– Minimum S1 di bidang teknologi informasi dan sejenisnya.
B. Pengalaman (Experience)
– Pengembangan dan deployment aplikasi.
C. Pengetahuan (Knowledge)
1. Project Management;
2. Pengembangan aplikasi sesuai dengan teknologi yang digunakan di Direktorat Sistem Informasi.
D. Kompetensi (Competency)
1. Leadership Competency Level
Creativity And Innovation 2
Strategic Management 2
Customer Orientation 2
Execution-Focused 2
Change Leadership 2
Strategic Relationship 2
Nurturing People 2
Entrepreneurship 2
2. Profesional Competency Level
Analytical Thinking 2
Conceptual Thinking 2
Organizational Awareness 2
Continous Improvement 2
3. Technical/Functional Competency
Level
3rd party system integration 2
Architecture management 2
Back end development 2
Devops 2
Digital integration & api 2
IT & digital change management 2
IT requirement management 2
IT strategy & business alignment 2
Product & solution design 2
Product portfolio strategy & management
2
Program/ project management 2
Service catalogue management 2
Web services 2

Staf Database Engineer Pengembangan Sistem Informasi Non-Akademik

1. IDENTIFIKASI (IDENTIFICATION)
Nama Jabatan : Staf Database Engineer Pengembangan Sistem Informasi Non Akademik
Direktorat/Fakultas :
Sistem Informasi
Bagian/Prodi :
Riset dan Pengembangan Sistem Non Informasi
Urusan :
Pengembangan Sistem Informasi Non Akademik
Atasan Langsung
:
Kepala Urusan Pengembangan Sistem Informasi Non Akademik
Bawahan Langsung :
2. DESKRPSI JABATAN (POSITION DESCRIPTION )
Menyusun skema basis data dengan mengakomodasi kebutuhan proses bisnis berupa rancangan ERD, scripting query, PL/SQL, setting priveledge, dan lain-lain yang berhubungan dengan database, agar dapat diimplementasikan juga dalam bentuk API atau query data.
3. TUJUAN (OBJECTIVE)
Menyusun skema basis data dan melakukan pengolahan data baik berupa pembuatan atau laporan data yang diperlukan user atau programmer dengan mengakomodasi kebutuhan proses bisnis agar bisa diimplentasi dalam aplikasi juga.
4. TUGAS POKOK (MAIN TASK)
1. Menyusun skema basis data dengan mengakomodasi kebutuhan proses bisnis;
2. Melakukan pengolahan data baik berupa dengan pembuatan API atau laporan data yang diperlukan user atau programmer;
5. TANGGUNG JAWAB (RESPONSIBILITY)
1. Menyusun skema basis data dengan mengakomodasi kebutuhan proses bisnis;
2. Melakukan implementasi skema basis data;
3. Membuat scripting query untuk mendukung pengembangan aplikasi sistem informasi;
4. Menerima keperluan data yang dibutuhkan;
5. Melakukan proses scripting query;
6. Pembuatan API atau laporan guna memenuhi kebutuhan user.
6. WEWENANG (AUTHORITY)
1. Menyusun skema basis data dengan mengakomodasi kebutuhan proses bisnis;
2. Melakukan implementasi skema basis data;
3. Membuat scripting query untuk mendukung pengembangan aplikasi sistem informasi;
4. Pembuatan API untuk memberikan data baik yang diperlukan user atau programer;
5. Pembuatan laporan data yang diperlukan user.
A. Dimensi Keuangan :
– Mengusulkan pengunaan anggaran agar sesuai dengan Rencana Kerja Anggaran (RKA) unit.
B. Dimensi non-keuangan :
Bawahan langsung : 0
Bawahan Tidak Langsung : 0
Total : 0
7. HUBUNGAN KERJA (WORKING RELATIONSHIPS)
A. Internal
Dalam Hal :
System Analyst
Menyusun skema basis data
Technical Writer
Programmer
Quality Assurance
B. Eksternal
Dalam Hal :
User direktorat atau fakultas yang request data Penyediaan data
8. MASALAH & TANTANGAN KERJA (PROBLEMS & WORK CHALLENGES)
Menjaga integritas data agar tidak redundant.
9. INDIKATOR KEBERHASILAN
1. ERD dan query yang optimal;
2. Data dihasilkan dari API dan laporan.
10. SPESIFIKASI JABATAN (JOB SPESIFICATIONS)
A. Pendidikan (Education)
– Minimum D3/S1 di bidang teknologi informasi dan sejenisnya.
B. Pengalaman (Experience)
– Berpengalaman dalam pekerjaan pengembangan atau modifikasi aplikasi dengan Framework.
C. Pengetahuan (Knowledge)
– Memahami konsep API dan framework Laravel;
– Memahami konsep database;
– Merancang skema ER Diagram;
– Menguasai SQL dan PL/SQL;
– Membuat table space, setting priveledge user.
D. Kompetensi (Competency)
1. Leadership Competency Level
Creativity And Innovation 1
Strategic Management 1
Customer Orientation 1
Execution-Focused 1
Change Leadership 1
Strategic Relationship 1
Nurturing People 1
Entrepreneurship 1
2. Profesional Competency Level
Analytical Thinking 1
Conceptual Thinking 1
Organizational Awareness 1
Continous Improvement 1
3. Technical/Functional Competency Level
DATA ENGINEERING 1
DEVOPS 1
BACK END DEVELOPMENT 1
DIGITAL INTEGRATION & API 1

Staf Programmer Pengembangan Sistem Informasi Non-Akademik

1. IDENTIFIKASI (IDENTIFICATION)
Nama Jabatan : Staf Programmer Pengembangan Sistem Informasi Non Akademik
Direktorat/Fakultas : Sistem Informasi
Bagian/Prodi : Riset dan Pengembangan Sistem Informasi
Urusan : Pengembangan Sistem Informasi Non Akademik
Atasan Langsung : Kepala Urusan Pengembangan Sistem Informasi Non Akademik
Bawahan Langsung :
2. DESKRPSI JABATAN (POSITION DESCRIPTION )
Membuat, memperbaharui, mengembangkan, mengidentifikasi baik membuat program baru atau error dalam suatu framework atau program aplikasi sesuai kebutuhan user yang dituangkan dalam SDKPL dan standar pembuatan program agar menciptakan aplikasi yang handal dan berjalan baik.
3. TUJUAN (OBJECTIVE)
Melakukan pembuatan, perbaikan, penyesuaian program terhadap framework atau aplikasi sesuai dengan rancangan SDKPL dan satandar pembuatan program agar menciptakan aplikasi yang handal dan berjalan baik.
4. TUGAS POKOK (MAIN TASK)
1. Melakukan pembuatan program aplikasi sesuai dengan design rancangan SDKPL dan standar pembuatan perogram agar menciptakan aplikasi yang handal dan berjalan dengan baik;
2. Melakukan perbaikan atau penyesuaian terhadap program framework yang digunakan dalam pengembangan perangkat lunak.
5. TANGGUNG JAWAB (RESPONSIBILITY)
1. Menerima hasil rancangan sesuai requirement dari system analyst, pembuatan peta aplikasi, design antarmuka dalam aplikasi sesuai SDKPL;
2. Memperbaharui dan pengembangan program yang ada disesuaikan dengan use case yang diminta;
3. Identifikasi program dengan pengetesan dan perbaikan error;
4. Menghasilkan program aplikasi sesuai proses bisnis di SDKPL;
5. Terdapat bug yang perlu diperbaiki dalam framework;
6. Penyesuaian terhadap teknologi yang ada;
7. Perbaikan dan penyesuaian program framework agar lebih optimal.
6. WEWENANG (AUTHORITY)
1. Membuat, memperbaharui, mengembangkan, mengidentifikasi error dalam suatu program aplikasi sesuai kebutuhan user yang dituangkan dalam SDKPL;
2. Merubah program framework sesuai instruksi system analyst.
A. Dimensi Keuangan :
– Mengusulkan pengunaan anggaran agar sesuai dengan Rencana Kerja Anggaran (RKA) unit.
B. Dimensi non-keuangan :
Bawahan langsung : 0
Bawahan Tidak Langsung : 0
Total : 0
7. HUBUNGAN KERJA (WORKING RELATIONSHIPS)
A. Internal
Dalam Hal :
System Analyst
Kesesuaian hasil program aplikasi dengan SDKPL
Lulus hasi test UAT
Kesesuaian standar program
Technical Writer
Database Engineer
Quality Assurance
B. Eksternal
Dalam Hal :
8. MASALAH & TANTANGAN KERJA (PROBLEMS & WORK CHALLENGES)
1. Pencarian plugin atau library yang belum ada di framework sebelumnya;
2. Kemampuan untuk mencari bugs atau error.
9. INDIKATOR KEBERHASILAN
1. Kesesuaian hasil program aplikasi dengan SDKPL;
2. Lulus hasi test UAT;
3. Kesesuaian standar program.
4. Optimasi framework aplikasi
10. SPESIFIKASI JABATAN (JOB SPESIFICATIONS)
A. Pendidikan (Education)
– Minimum D3/S1 di bidang teknologi informasi dan sejenisnya.
B. Pengalaman (Experience)
– Berpengalaman dalam pekerjaan pengembangan atau modifikasi aplikasi dengan Framework.
C. Pengetahuan (Knowledge)
– Menguasai Bahasa Pemrograman PHP, HTML, CSS, Javascript, framework Laravel dan Angular;
– Memahami konsep API;
– Memahami konsep version control, terutama SVN dan IT;
– Kemampuan untuk mencari library atau plugin framework.
D. Kompetensi (Competency)
1. Leadership Competency Level
Creativity And Innovation 1
Strategic Management 1
Customer Orientation 1
Execution-Focused 1
Change Leadership 1
Strategic Relationship 1
Nurturing People 1
Entrepreneurship 1
2. Profesional Competency Level
Analytical Thinking 1
Conceptual Thinking 1
Organizational Awareness 1
Continous Improvement 1
3. Technical/Functional Competency Level
APPLICATION MANAGEMENT 1
DEVOPS 1

Staf Quality Assurance Pengembangan Sistem Informasi Non-Akademik

1. IDENTIFIKASI (IDENTIFICATION)
Nama Jabatan : Staf Quality Assurance Pengembangan Sistem Informasi Non Akademik
Direktorat/Fakultas : Sistem Informasi
Bagian/Prodi : Riset dan Pengembangan Sistem Informasi
Urusan : Pengembangan Sistem Informasi Non Akademik
Atasan Langsung : Kepala Urusan Pengembangan Sistem Informasi Non Akademik
Bawahan Langsung :
2. DESKRPSI JABATAN (POSITION DESCRIPTION )
Melakukan pengujian terhadap perangkat lunak agar berjalan sesuai fungsionalitasnya, memeriksa standarisasi terhadarp program dan skema basis data serta securitynya, hingga melakukan serah terima kepada end user.
3. TUJUAN (OBJECTIVE)
Melakukan proses pengujian terhadap perangkat lunak sesuai fungsionalitasnya agar bila aplikasi diserahterimakan bisa berjalan dengan baik dan memeriksa standarisasinya juga agar output aplikasi lebih baik.
4. TUGAS POKOK (MAIN TASK)
1. Melakukan proses pengujian terhadap perangkat lunak agar berjalan sesuai fungsionalitasnya;
2. Melakukan serah terima perangkat lunak kepada end user;
3. Memeriksa standarisasi terhadap program yang dibuat programer dan skema basis data serta query dalam database yg dibuat database.
5. TANGGUNG JAWAB (RESPONSIBILITY)
1. Membuat skenario pengujian UAT;
2. Melakukan testing terhadap aplikasi perangkat lunak sistem informasi;
3. Menyampaikan hasil pengujian kepada database dan programer;
4. Melaporkan hasil pengujian kepada system analyst untuk troubleshoot;
5. Mengusulkan hasil pengujian akhir dengan layak atau tidaknya aplikasi dipergunakan oleh user, sesuai requrement user serta fungsionalitasnya;
6. Menampung saran standarisasi dari semua stackholder ataupun standarisasi yg sudah ada;
7. Merancang standarisasi denganpenyesuiakan;
8. Menyusun standarisasi tersebut agar diikuti;
9. Memeriksa setiap hasil aplikasi apakah sudah sesuai dengan standarisasi yang ada.
6. WEWENANG (AUTHORITY)
1. Membuat skenario pengujian UAT terhadap perangkat lunak;
2. Menyampaikan ketidaksesuaian fungsionalittas dengan rekan tim untuk ditindak lanjuti;
3. Mengusulkan hasil pengujian untuk nantinya diserah terimakan;
4. Mengusulkan standarisasi programer dan database untuk ditetapkan;
5. Memerikasa hasil pekerjaan program dan database dan mengkoreksinya.
A. Dimensi Keuangan :
– Mengusulkan pengunaan anggaran agar sesuai dengan Rencana Kerja Anggaran (RKA) unit.
B. Dimensi non-keuangan :
Bawahan langsung : 0
Bawahan Tidak Langsung : 0
Total : 0
7. HUBUNGAN KERJA (WORKING RELATIONSHIPS)
A. Internal Dalam Hal :
System Analyst Melakukan pengujian program dan database sesuai fungsionalitas
Database Engineer
Programer
B. Eksternal Dalam Hal :
8. MASALAH & TANTANGAN KERJA (PROBLEMS & WORK CHALLENGES)
Berbagai kemungkinan testing dan error yang muncul.
9. INDIKATOR KEBERHASILAN
Melakukan pengujian program dan database sesuai fungsionalitas;
Menjaga optimasi performansi, security, serta standarisasi.
10. SPESIFIKASI JABATAN (JOB SPESIFICATIONS)
A. Pendidikan (Education)
– Minimum D3/S1 di bidang teknologi informasi dan sejenisnya.
B. Pengalaman (Experience)
– Berpengalaman dalam pekerjaan dokumentasi pengembangan aplikasi.
C. Pengetahuan (Knowledge)
– Mengoperasikan tools testing;
– Mampu mengoperasikan tools softwarre architecture;
– Minimal menguasai konsep database dan programming;
– Memiliki pengetahuan dalam melakukan desain software.
D. Kompetensi (Competency)
1. Leadership Competency Level
Creativity And Innovation 1
Strategic Management 1
Customer Orientation 1
Execution-Focused 1
Change Leadership 1
Strategic Relationship 1
Nurturing People 1
Entrepreneurship 1
2. Profesional Competency Level
Analytical Thinking 1
Conceptual Thinking 1
Organizational Awareness 1
Continous Improvement 1
3. Technical/Functional Competency Level
SOLUTION AND SERVICE TESTING 1
IT REQUIREMENT MANAGEMENT 1
DEVOPS 1

Staf System Analyst Pengembangan Sistem Informasi Non-Akademik

1. IDENTIFIKASI (IDENTIFICATION)
Nama Jabatan : Staf System Analyst Pengembangan Sistem Informasi Non Akademik
Direktorat/Fakultas : Sistem Informasi
Bagian/Prodi : Riset dan Pengembangan Sistem Informasi
Urusan : Pengembangan Sistem Informasi Non Akademik
Atasan Langsung : Kepala Urusan Pengembanga Sistem Informasi Non Akademik
Bawahan Langsung :
2. DESKRPSI JABATAN (POSITION DESCRIPTION )
Melakukan analisa pengembangan, perbaikan, penyesuian, baik terhadap sistem/aplikasi ataupun framework agar menghasilkan rancangan aplikasi sesuai requirement hingga tercipta perangkat lunak yang handal.
3. TUJUAN (OBJECTIVE)
Melakuakan proses analisa sistem/aplikasi agar menghasilkan rancangan aplikasi sesuai requirement user hingga nanti bisa diteruskan ke tim sebagai pembuatan aplikasi yang berjalan dengan baik dan bisa diterima oleh user.
4. TUGAS POKOK (MAIN TASK)
1. Melakukan analisa terhadap sistem/aplikasi agar menghasilkan rancangan aplikasi sesuai requirement;
2. Melakukan analisa perbaikan atau penyesuaian terhadap framework yang digunakan dalam pengembangan perangkat lunak;
3. Memilih dan mengumpulkan hasil coding setiap fitur aplikasi setelah test dilakukan untuk melakukan merge code antara development dan production.
5. TANGGUNG JAWAB (RESPONSIBILITY)
1. Mengumpulkan data requirement hasil dari gathering dengan user;
2. Membuat Proses Bisnis, Use Case, Peta Aplikasi, design antarmuka atau mockup;
3. Mengecek kesesuaian hasil analisa dengan requirement user;
4. Mendistribusikan hasil analisa kepada tim;
5. Penyesuaian terhadap teknologi yang ada;
6. Menyampaikan hasil analisa kepada programer atau database untuk diperbaiki atau disesuaikan;
7. Fitur yang dikembangkan programer dan sudah di tes oleh quality aasurance;
8. Melakukan merge code tanpa conflict;
9. Memilih fitur aplikasi dan di publish ke production.
6. WEWENANG (AUTHORITY)
1. Membuat design rancangan aplikasi sesuai standar SDKPL;
2. Mendistribusikan hasil analisa kepada tim setelah sesuai dengan requirement user;
3. Merubah cara kerja framework agar lebih optimal dan efisien;
4. Melakukan merge code;
5. Memilih fitur mana saja yang bisa di publish;
6. Menganalisa conflict di production.
A. Dimensi Keuangan :
– Mengusulkan pengunaan anggaran agar sesuai dengan Rencana Kerja Anggaran (RKA) unit.
B. Dimensi non-keuangan :
Bawahan langsung : 0
Bawahan Tidak Langsung : 0
Total : 0
7. HUBUNGAN KERJA (WORKING RELATIONSHIPS)
A. Internal Dalam Hal :
Technical Writer Mendistribusikan hasil analisa kepada tim setelah sesuai dengan requirement user
Programmer
Database Engineer
B. Eksternal Dalam Hal :
User dari Direktorat atau fakultas Kesesuaian hasil analisa dengan requirement user dalam bentuk draft SDKPL
8. MASALAH & TANTANGAN KERJA (PROBLEMS & WORK CHALLENGES)
Komunikasi tim dalam pendistribusian hasil analisa.
9. INDIKATOR KEBERHASILAN
1. Kesesuaian hasil analisa dengan requirement user dalam bentuk draft SDKPL;
2. Optimasi framework aplikasi;
3. Aplikasi dengan fitur terpilih bisa berjalan baik tanpa konflik.
10. SPESIFIKASI JABATAN (JOB SPESIFICATIONS)
A. Pendidikan (Education)
– Minimum D3/S1 di bidang teknologi informasi dan sejenisnya.
B. Pengalaman (Experience)
– Berpengalaman dalam pekerjaan pengembangan atau modifikasi aplikasi dengan Framework.
C. Pengetahuan (Knowledge)
– Menguasai metode pemodelan pemprograman seperti OOP, design pattern, UML;
– Menguasai Bahasa Pemrograman PHP dan Javascript, terutama framework Laravel dan Angular;
– Memahami konsep API;
– Memahami konsep database;
– Memahami konsep version control, terutama SVN dan IT.
D. Kompetensi (Competency)
1. Leadership Competency Level
Creativity And Innovation 1
Strategic Management 1
Customer Orientation 1
Execution-Focused 1
Change Leadership 1
Strategic Relationship 1
Nurturing People 1
Entrepreneurship 1
2. Profesional Competency Level
Analytical Thinking 1
Conceptual Thinking 1
Organizational Awareness 1
Continous Improvement 1
3. Technical/Functional Competency Level
PRODUCT & SOLUTION DESIGN 1
IT REQUIREMENT MANAGEMENT 1
DEVOPS 1
ARCHITECTURE MANAGEMENT 1
RELEASE MANAGEMENT 1

Staf Technical Writer Pengembangan Sistem Informasi Non-Akademik

1. IDENTIFIKASI (IDENTIFICATION)
Nama Jabatan : Staf Technical Writer Pengembangan Sistem Informasi Non Akademik
Direktorat/Fakultas : Sistem Informasi
Bagian/Prodi : Riset dan Pengembangan Sistem Informasi
Urusan : Pengembangan Sistem Informasi Non Akademik
Atasan Langsung
:
Kepala Urusan Pengembangan Sistem Informasi Non Akademik
Bawahan Langsung :
2. DESKRPSI JABATAN (POSITION DESCRIPTION )
Pengumpulan dan identifikasi kebutuhan aplikasi sistem informasi samapai Dokumentasi akhir aplikasi sistem informasi, proses dokumentasi dari hulu ke hilir pembuatan aplikasi, mencakup Project Plan, SKDPL, Risalah rapat, UAT, BAST, Usermanual.
3. TUJUAN (OBJECTIVE)
Melakukan requirement gathering untuk mendokumentasikan desain aplikasi dan spesifikasi kebutuhan perangkat lunak, samapai membuat dokumen akhir berupa dokumen teknis dan usermanual aplikasi.
4. TUGAS POKOK (MAIN TASK)
1. Melakukan requirement gathering, mendokumentasikan desain aplikasi dan spesifikasi kebutuhan perangkat lunak;
2. Mengikuti rapat progres aplikasi agar hasilnya bisa terdokumentasi dalam risalah rapat;
3. Membuat dokumen akhir berupa dokumen teknis dan usermanual aplikasi.
5. TANGGUNG JAWAB (RESPONSIBILITY)
1. Mengumpulkan data requirement hasil dari gathering dengan user;
2. Membuat dokumentasi Project Plan;
3. Mengumpulkan data yang disampaikan system analyst mengenai bahan-bahan pembuatan SDKPL untuk didokumentasikan;
4. Membuat dokumentasi SDKPL;
5. Mengikuti setiap rapat progress aplikasi agar dapat membuat risalah rapat untuk nanti menjadi catatan atau ditindaklanjuti;
6. Membuat dokumentasi teknis yang berkoordinasi dengan tim terutama dari sisi program dan database agar tim lopsi atau operasional bisa melakukan pemahamam untuk maintenance aplikasi;
7. Membuat dokumentasi usermanual agar end user setiap role bisa memahami cara pakai aplikasi.
6. WEWENANG (AUTHORITY)
1. Bersama melakukan requirement gathering terhadap kebutuhan user hingga menghasilkan dokumentasi project plan;
2. Membuat dokumentasi SDKPL hasil dari analisa;
3. Membuat dokumentasi risalah rapat untuk setiap progress pertemuan;
4. Membuat dokumen teknis aplikasi;
5. Membuat dokumentasi usermanual.
A. Dimensi Keuangan :
– Mengusulkan pengunaan anggaran agar sesuai dengan Rencana Kerja Anggaran (RKA) unit.
B. Dimensi non-keuangan :
Bawahan langsung : 0
Bawahan Tidak Langsung : 0
Total : 0
7. HUBUNGAN KERJA (WORKING RELATIONSHIPS)
A. Internal Dalam Hal :
Kepala Urusan
Kesesuaian dokumentasi Project Plan dan SDKPL dengan kebutuhan User
System Analyst
Quality Assurance
B. Eksternal Dalam Hal :
Bagian Lopsi Dokumentasi akhir
Fakultas atau Direktorat
8. MASALAH & TANTANGAN KERJA (PROBLEMS & WORK CHALLENGES)
Memahami proses bisnis, program, database agar bisa di dokumentasikan.
9. INDIKATOR KEBERHASILAN
1. Kesesuaian dokumentasi Project Plan dan SDKPL dengan kebutuhan User.
2. Risalah rapat
3. Dokumen Teknis Aplikasi
4. Dokumentasi Usermanual
10. SPESIFIKASI JABATAN (JOB SPESIFICATIONS)
A. Pendidikan (Education)
– Minimum D3/S1 di bidang teknologi informasi dan sejenisnya.
B. Pengalaman (Experience)
– Berpengalaman dalam pekerjaan dokumentasi pengembangan aplikasi.
C. Pengetahuan (Knowledge)
1. Menguasai microsoft office;
2. Mampu mengoperasikan tools softwarre architecture;
3. Minimal menguasai konsep database dan programming;
4. Memiliki pengetahuan dalam melakukan desain software.
D. Kompetensi (Competency)
1. Leadership Competency Level
Creativity And Innovation 1
Strategic Management 1
Customer Orientation 1
Execution-Focused 1
Change Leadership 1
Strategic Relationship 1
Nurturing People 1
Entrepreneurship 1
2. Profesional Competency Level
Analytical Thinking 1
Conceptual Thinking 1
Organizational Awareness 1
Continous Improvement 1
3. Technical/Functional Competency Level
IT REQUIREMENT MANAGEMENT 1
SERVICE LEVEL MANAGEMENT 1
USER EXPERIENCE 1

Kepala Urusan Riset, Inovasi, dan Teknologi Informasi

 

1. IDENTIFIKASI (IDENTIFICATION)
Nama Jabatan : Kepala Urusan
Direktorat/Fakultas : Sistem Informasi
Bagian/Prodi : Riset & Pengembangan Sistem Informasi
Urusan : Riset Inovasi & Teknologi
Atasan Langsung : Kepala Bagian Riset dan Pengembangan Sistem Informasi
Bawahan Langsung : Staf Riset Inovasi & Teknologi
2. DESKRPSI JABATAN (POSITION DESCRIPTION )
1. Bertanggung jawab sebagai koordinator seluruh tim riset dan inovasi teknologi informasi bagi stakeholders universitas;
2. Terlibat dalam tim pengembang ICT blueprint serta metodologi pencapaian setiap tahapan dalam ICT blueprint;
3. Menganalisis dan menyusun program kerja serta aktivitas riset dan inovasi teknologi informasi sebagai strategic tools untuk optimasi kinerja universitas.
3. TUJUAN (OBJECTIVE)
1. Melakukan riset dan inovasi teknologi informasi;
2. Mendefinisikan teknologi umum yang digunakan civitas akademik;
3. Menyediakan akses data yang sesuai dengan kebutuhan civitas akademik.
4. TUGAS POKOK (MAIN TASK)
1. Mengelola proses pengembangan produk baru dari dari tahap requirement gathering hingga produk siap digunakan;
2. Melakukan analsis pengembangan IT masterplan berdasar kepada informasi kebutuhan dari setiap fakultas dan direktorat;
3. Mengkoordinir proses pengelolaan lisensi dari pengumpulan data, pendataan, sosialisasi dan distribusi.
5. TANGGUNG JAWAB (RESPONSIBILITY)
1. Riset dan inovasi teknologi informasi;
2. Mendesain kebijakan pengembangan IT kedepan;
3. Pengelolaan Lisensi.
6. WEWENANG (AUTHORITY)
1. Approval permintaan pengembangan aplikasi;
2. Approval desain teknis aplikasi;
3. Approval hasil uji pengembangan aplikasi;
4. Desain rencana pengembangan IT;
5. Approval pengajuan lisensi;
6. Approval penggunaan anggaran lisensi.
A. Dimensi Keuangan :
– Mengusulkan pengunaan anggaran agar sesuai dengan Rencana Kerja Anggaran (RKA) unit.
B. Dimensi non-keuangan :
Bawahan langsung : 3
Bawahan Tidak Langsung : 0
Total : 3
7. HUBUNGAN KERJA (WORKING RELATIONSHIPS)
A. Internal Dalam Hal :
Direktorat dan Fakultas 1. Pengembangan Aplikasi dan data
2. Pendataan lisensi
3. Penyusunan rencana pengembangan
B. Eksternal Dalam Hal :
1. Pihak eksternal atas sepersetujuan dari Pimpinan 1. Pengembangan Aplikasi dan data
2. YPT 2. Penyusunan rencana pengembangan IT
8. MASALAH & TANTANGAN KERJA (PROBLEMS & WORK CHALLENGES)
1. Ketersediaan anggaran dan sumber daya manusia.
9. INDIKATOR KEBERHASILAN
1. Aplikasi sesuai dengan kebutuhan user;
2. Persentase capaian pengembangan realisasi terhadap target;
3. Dokumen rencana pengembangan IT yang disahkan;
4. Jumlah pengajuan lisensi yang tertangani;
5. Jumlah permintaan API yang tertangani.
10. SPESIFIKASI JABATAN (JOB SPESIFICATIONS)
A. Pendidikan (Education)
– Minimum S1 di bidang teknologi informasi dan sejenisnya.
B. Pengalaman (Experience)
– Pengembangan dan deployment aplikasi.
C. Pengetahuan (Knowledge)
– Project Management;
– Pengembangan aplikasi sesuai dengan teknologi yang digunakan di Direktorat Sistem Informasi.
D. Kompetensi (Competency)
1. Leadership Competency Level
Creativity And Innovation 2
Strategic Management 2
Customer Orientation 2
Execution-Focused 2
Change Leadership 2
Strategic Relationship 2
Nurturing People 2
Entrepreneurship 2
2. Profesional Competency Level
Analytical Thinking 2
Conceptual Thinking 2
Organizational Awareness 2
Continous Improvement 2
3. Technical/Functional Competency Level
Innovation management 2
It strategy & business alignment 2
It vendor & product knowledge 2
Product & solution design 2
Product portfolio strategy & management 2
Prototyping 2
Service catalogue management 2

Staf Riset dan Inovasi Teknologi

1. IDENTIFIKASI (IDENTIFICATION)
Nama Jabatan : Staf Riset dan Inovasi Teknologi
Direktorat/Fakultas : Sistem Informasi
Bagian/Prodi : Riset & Pengembangan Sistem Informasi
Urusan : Riset Inovasi & Teknologi
Atasan Langsung : Kepala Urusan Riset dan Inovasi Teknologi
Bawahan Langsung :
2. DESKRPSI JABATAN (POSITION DESCRIPTION )
1. Melakukan aktivitas riset dan inovasi teknologi informasi sebagai strategic tools untuk optimasi kinerja universitas;
2. Melalukan pengelolaan lisensi di lingkungan Universitas Telkom.
3. TUJUAN (OBJECTIVE)
1. Melakukan riset dan inovasi teknologi informasi;
2. Menyediakan lisensi yang sesuai dengan kebutuhan civitas akademik.
4. TUGAS POKOK (MAIN TASK)
1. Melakukan proses pengembangan produk dari dari tahap requirement gathering hingga produk siap digunakan;
2. Melakukan proses pengelolaan lisensi dari pengumpulan data, pendataan, sosialisasi dan distribusi.
5. TANGGUNG JAWAB (RESPONSIBILITY)
1. Riset dan inovasi teknologi informasi;
2. Pengelolaan Lisensi.
6. WEWENANG (AUTHORITY)
1. Pengembangan produk;
2. Pengelolaan lisensi;
3. Sosialisasi dan Distribusi lisensi.
A. Dimensi Keuangan :
– Mengusulkan pengunaan anggaran agar sesuai dengan Rencana Kerja Anggaran (RKA) unit.
B. Dimensi non-keuangan :
Bawahan langsung : 0
Bawahan Tidak Langsung : 0
Total : 0
7. HUBUNGAN KERJA (WORKING RELATIONSHIPS)
A. Internal Dalam Hal :
Direktorat dan Fakultas 1. Pengembangan Aplikasi dan data
2. Pendataan lisensi
B. Eksternal Dalam Hal :
1. Pihak eksternal atas sepersetujuan dari Pimpinan 1. Pengembangan Aplikasi dan data
8. MASALAH & TANTANGAN KERJA (PROBLEMS & WORK CHALLENGES)
9. INDIKATOR KEBERHASILAN
1. Persentase capaian pengembangan realisasi terhadap target;
2. Jumlah pengajuan lisensi yang tertangani.
10. SPESIFIKASI JABATAN (JOB SPESIFICATIONS)
A. Pendidikan (Education)
– Minimum D3/S1 di bidang teknologi informasi dan sejenisnya.
B. Pengalaman (Experience)
– Pengembangan dan deployment aplikasi.
C. Pengetahuan (Knowledge)
– Pengembangan aplikasi sesuai dengan teknologi yang digunakan di Direktorat Sistem Informasi.
D. Kompetensi (Competency)
1. Leadership Competency Level
Creativity And Innovation 1
Strategic Management 1
Customer Orientation 1
Execution-Focused 1
Change Leadership 1
Strategic Relationship 1
Nurturing People 1
Entrepreneurship 1
2. Profesional Competency Level
Analytical Thinking 1
Conceptual Thinking 1
Organizational Awareness 1
Continous Improvement 1
3. Technical/Functional Competency Level
Product & solution design 1
Prototyping 1
Innovation management 1
Service catalogue management 1
IT vendor & product knowledge 1

Deskripsi Pekerjaan di Bagian RISBANGSI Desember 5, 2019